Pendidikan berkurban di berbagai sekolah saat ini sudah banyak dilakukan sebagai sarana pendidikan bagi para siswa. Kegiatan ini juga dapat memupuk rasa persaudaraan untuk saling berbagi dengan sesama. Pemotongan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha itu adalah hal yang baik sebagai pendidikan dini untuk belajar berkurban.

Demikian juga di SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran, pada Hari Raya Idul Adha tanggal 23 Agustus 2018 kemarin, SMP Islam Al Azhar 4 juga telah melaksanakan pemotongan hewan qurban. Adapun hewan qurban tersebut merupakan hasil pengumpulan amaliyah qurban sejak hari Senin, 23 Juli 2018 sampai dengan hari Kamis, 16 Agustus 2018, serta sumbangan hewan qurban dari guru dan orang tua murid. Alhamdulillah, pada Idul Adha tahun ini, jumlah amaliah qurban yang terkumpul kurang lebih Rp94.000.000,00. Hasil dari amaliah tersebut, SMP Islam Al Azhar 4 mengurbankan 5 ekor kambing dan 3 ekor sapi. Hasil dari qurban tersebut kemudian di bagikan kepada masyarakat sekitar.

Pemotongan hewan qurban dilaksanakan di lapangan basket SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 08:00 sampai pukul 15:00 WIB, yang dibantu oleh 33 orang guru dan karyawan, 10 orang anggota OSIS, serta 7 orang penyembelih hewan. Kegiatan penyembelihan hewan qurban diawali dengan shalawat, kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan kambing dan sapi. Setelah itu, segenap guru dan OSIS saling membantu saat proses pemotongan daging yang telah disembelih.

Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, kerja keras seluruh guru, OSIS, dan karyawan, pelaksanaan qurban SMP Islam Al Azhar 4 berjalan dengan lancar. Pada hari yang sama, daging qurban tersebut langsung disalurkan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. (Azzahra Davinna (8B), 25/08/18)

Leave a Comment