SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran bersama-sama ikut memeriahkan ulang tahun Republik Indonesia. HUT ke-73 RI ini dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan dan dan diakhiri dengan upacara keesokan harinya.

Kamis, 16 Agustus 2018, perayaan HUT RI diawali dengan karnaval atau pawai. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini diadakan pawai bersama antar keluarga besar SMP dan SD Islam Al Azhar Kemandoran. Dewan Pembina Yayasan Ar-Ridho, Ir. H. Hudori, M.Sc., turut hadir untuk membuka kegiatan pawai tersebut. Pada kegiatan ini, seluruh murid SMP dan SD Islam Al Azhar Kemandoran, yang pula didampingi dewan guru, mengelilingi daerah di sekitar sekolah. Sesuai tema kegiatan, setiap kelas memakai kaos bernuansa merah-putih dengan membawa bendera-bendera kecil dan kembang kelapa. Bahkan, sebelum hari H, beberapa kelas telah mendesain kaos yang dikhususkan untuk kegiatan HUT ke-73 RI. Kreativitas tersebut sebagai bukti rasa bangga dan cinta para murid terhadap Hari Kemerdekaan Indonesia.

Setelah pawai, murid-murid beristirahat sejenak sambil menyantap kudapan yang telah disediakan. Beberapa menit kemudian, seluruh murid berkumpul kembali di lapangan untuk mengikuti perlombaan antar kelas. Kemeriahan lomba tarik tambang antar guru perempuan dan jamiyyah sebagai acara pembuka hari itu. Dibantu dengan anak OSIS, guru-guru pun turut memeriahkan perlombaan antar kelas dengan menjadi juri. Perlombaan pun bermacam-macam, dari lomba makan kerupuk, tarik tambang, bakiak, balap karung, dan 3 on 3 basket. Para murid sangat berantusias mengikuti keempat kategori perlombaan tersebut.

17 Agustus 2018. Tibalah pada hari yang dinantikan, yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia, yang tahun ini bertepatan pada hari Jum’at. Sesuai dengan kebiasaan rutin rakyat Indonesia, pada hari itu, keluarga besar Kampus Al Azhar Kemandoran melaksanakan upacara kemerdekaan. Petugas upacara tahun ini adalah pengurus OSIS SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran yang telah mengikuti latihan sejak dua minggu sebelum 17 Agustus.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasukan yang biasanya hanya berjumlah sembilan atau dua belas anggota, kini memiliki dua puluh lima anggota. Pasukan pun dibagi menjadi dua, pasukan pembawa bendera yang terdiri dari sembilan anggota dan pasukan pengibar yang terdiri dari enam belas anggota.

Setelah upacara selesai, seluruh petugas upacara pun bersyukur atas kelancaran upacara tahun ini. Kebanggaannya terukir di wajah masing-masing. Lelah selama latihan pun terbayar dengan kesuksesan acara ini.

Demikianlah acara HUT ke-73 RI di SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran. Sebagai anak bangsa yang bangga dan peduli, kita patut meneladani kegigihan para pahlawan yang pantang mundur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kini, kitalah yang meneruskan perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan kegigihan itu dalam menutut ilmu serta membawa nama baik Indonesia dengan prestasi yang membanggakan. Semoga tahun depan perayaan HUT RI di SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran semakin seru. (Allya Malaikha (9A), 25/08/18)

Leave a Comment