Selasa, 16 Oktober 2018, SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran melaksanakan Debat Kandidat dan Pemilu Raya OSIS. Kegiatan tersebut merupakan program yang diadakan setiap tahun, seiring pergantian pengurus baru OSIS. Adapun urutan paslon Ketua dan Wakil Ketua OSIS 2018/2019 yaitu Malik-Bintang (8B), Audifa-Zata (8B), dan Malik (8A)-Graciano (8B).

Sebelum hari H pemilu, ketiga paslon yang terpilih telah lebih dulu diumumkan oleh pembina OSIS, Mr. Rachmad Setiawan, M.Pd. Setelah itu, ketiga paslon melakukan kampanye dengan menyebar pamflet berisi slogan. Tidak hanya itu, ketiganya juga diberi peluang untuk menyampaikan visi dan misi, baik di setiap kelas dan ruang guru, dengan didampingi Ketua OSIS periode 2017/2018, Daffa (9B). Kampanye tersebut bertujuan agar murid dan guru semakin mengenal ketiga paslon Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, sebelum waktu pencoblosan dimulai, seluruh murid dan guru berkumpul di aula untuk menyaksikan debat para kandidat. Kegiatan ini berlangsung pada pagi hari, tepatnya setelah shalat dhuha. Tujuan diadakan debat yaitu untuk mempertajam keyakinan murid dan guru sebelum memilih paslon yang terbaik untuk SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran. Acara ini dipandu oleh pembina OSIS dengan pembacaan ayat Al-Qur’an dari ketiga paslon. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan visi dan misi dari setiap paslon. Namun, ketiga paslon tidak hanya berjuang sendiri. Ketiganya turut dibantu oleh tim sukses dari kalangan murid dan guru untuk menarik hak suara pemilih. Acara berlangsung sangat meriah dengan antusiasme para pendukung setiap paslon.

Setelah diberi waktu sejenak untuk beristirahat sekaligus memikirkan kembali secara matang tentang keputusannya, tibalah waktunya untuk memilih kandidat pilihannya. Setiap kelas secara bergantian diarahkan ke bilik suara lalu mencelupkan jarinya dengan tinta sebagai tanda bahwa mereka telah memenuhi hak suara.

Seluruh murid dan guru melaksanakan shalat zuhur berjama’ah. Setelah itu, hasil suara pun diumumkan oleh pembina OSIS di aula. Berdasarkan jumlah persentase, paslon nomor urut satu, Aiman dan Bintang memenangkan Pemilu Raya OSIS 2018. Keduanya terpilih sebagai Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS periode 2018/2019.

Sekilas tentang rangkaian acara Debat Kandidat dan Pemilu Raya OSIS yang diselenggarakan SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran. Semoga paslon yang terpilih dapat mengemban amanah dengan kesungguhan hati, serta paslon yang belum terpilih selalu semangat memberikan yang terbaik sebagai pengurus OSIS periode 2018/2019. Apa pun hasilnya, ketiga paslon tersebut tetaplah yang terbaik dan terpilih bagi SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran. (Admin Fitriani, 17/10/2018)

 

Leave a Comment

Alfour

“KUAT AQIDAH, LUHUR PERILAKU, KAYA KREATIFITAS DAN UNGGUL PRESTASI”

Subscription

 Kampus Al Azhar Kemandoran © Copyright 2018