Senin, 19 November 2018, Pukul 10.00 WIB, seluruh murid kelas 8 tiba di Pesantren Alam Cigombong dan dikumpulkan di aula untuk penyambutan, pembentukan kelompok, dan orientasi program. Pukul 12.00 WIB murid-murid diarahkan untuk makan di lantai dua. Kelompok santri (sebutan untuk para peserta SALAM) yang makan terlebih dahulu dipilih berdasarkan kerapihan barisan. Adab dan tata tertib makan-minum akan dicontohkan oleh fasilitator sesuai ajaran Rasulullah. Kemudian, santri bersiap-siap untuk shalat zuhur berjamaah. Setiap kegiatan, termasuk ibadah shalat dan materi, selalu dilaksanakan di aula, kecuali makan (di lantai dua), olahraga (senam), dan outbound. Azan, iqomah, dzikir, doa, dan kultum dilakukan oleh santri yang telah ditentukan oleh guru sebelum hari H. Sementara itu, shalat diimami oleh guru pendamping atau fasilitator.

Pukul 13.00-13.30 WIB, pembukaan dan overview SALAM. Santri bertugas melaksanakan acara pembukaan seperti menjadi MC, pembacaan ayat suci, dan saritilawah. Pukul 13.30-14.00 WIB pelantikan ketua kelompok dan ikrar. Pukul 14.00-15.00 WIB, santri didampingi oleh fasilitator masing-masing kelompok menuju asrama dan mempraktikkan budaya 3 TBR (tertib, teratur, tepat waktu, bersih, dan rapi) yang langsung dipandu oleh fasilitator.

Pukul 15.00-16.00 WIB, santri mempersiapkan diri menuju masjid (aula) dalam keadaan berwudhu dan masuk sesuai adab Islam dan menjaga keteraturan seperti sandal yang dibariskan menghadap keluar. Santri melaksanakan shalat ashar berjama’ah, dzikir, doa, dan kultum.

Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan mentoring berupa materi praktik seperti shalat dan menghafal beberapa surat Al-Qur’an pada pukul 16.00-17.55 WIB. Kemudian, santri melaksanakan shalat maghrib berjamaah yang diakhiri dengan pembacaan kultum. Kegiatan selanjutnya yaitu makan malam dengan adab dan tata tertib yang sama, sebelum santri melaksanakan shalat isya berjama’ah. Pukul 20.00-21.15 WIB, dilanjutkan dengan kegiatan kuis atau games. Pada kegiatan ini, santri dilibatkan secara aktif untuk berpendapat sesuai dengan tema yang ditentukan fasilitator. Usai kegiatan kuis, santri dibimbing oleh fasilitator untuk melakukan evaluasi kegiatan sekaligus pemberian materi tentang tata cara tidur sesuai ajaran Rasulullah. Waktu istirahat dimulai pukul 21.45-03.00 WIB. Santri beristirahat di asrama sesuai kelompok kamar yang ditentukan.

Hari pun berganti. Selasa, 20 November 2018, pukul 03.00 WIB, santri dibangunkan oleh fasilitator untuk melaksanakan shalat tahajud di aula hingga pukul 04.30 WIB. Kemudian, dilanjutkan dengan shalat subuh dan kultum. Pukul 04.45-05-30 WIB, santri bertilawah bersama. Setelah itu, santri melakukan senam sambil menunggu waktu sarapan yang dimulai sejak pukul 06.30 hingga 07.30 WIB.

Usai sarapan, santri melakukan outbound. Adapun kegiatan ini meliputi outbound team building (Buldozer, ranjau, magma river, dark tunnel) dan highrope seperti flying fox, wall climbing, V bridge, dan perahu karet. Kemudian, santri melakukan bersih diri dengan budaya 3 TBR di asrama dan melaksanakan shalat zuhur berjamaah di aula. Pukul 13.00-13.30, santri makan siang sebelum akhirnya diberi waktu tidur siang sejak pukul 13.30-15.00 WIB.

Selepas tidur siang, santri kembali ke aula untuk melaksanakan shalat ashar. Setelah itu, pukul 15.40-17.55 WIB, santri melakukan praktik penyelenggaraan jenazah yang dipandu oleh fasilitator. Sebagaimana jadwal aktivitas di hari sebelumnya, santri melaksanakan shalat maghrib berjama’ah yang diakhiri kultum. Lalu santri menuju ke lantai dua untuk makan malam, hingga kembali ke aula untuk melaksanakan shalat isya berjamaah yang tetap diakhiri dengan kultum. Pukul 20.00-21.00 WIB, kegiatan Night Tracking dan muhasabah. Kemudian, dilanjutkan dengan evaluasi kegiatan dan komitmen yang dipandu fasilitator. Setelah itu, santri beristirahat dengan waktu yang sama.

Tibalah pada hari terakhir. Rabu, 21 November 2018, shalat tahajud dan shalat subuh dilaksanakan dalam waktu yang sama dengan hari sebelumnya. Kemudian, dilanjutkan dengan ice breaking pada pukul 04.45-05.30 WIB. Setelah itu, santri melaksanakan tadabbur alam sebelum bersih diri dan packing di asrama. Santri kembali ke aula untuk sarapan yang dilanjutkan dengan materi sedekah. Kemudian, fasilitator kembali mefasilitasi kegiatan evaluasi dan komitmen.

Tibalah di puncak acara, yaitu pengumuman pemenang santri terbaik putra-putri, kultum terbaik putra-putri, azan terbaik, dan kelompok terbaik. Sebelum menuju bus untuk pulang, santri menuju lantai dua aula untuk makan siang pada pukul 11.00-11.45 WIB. Kemudian, dilanjutkan dengan shalat zuhur berjamaah dan kultum. Perjalanan pulang dimulai pukul 13.00 WIB. Santri dan guru pendamping tiba di sekolah kurang lebih pukul 15.00 WIB. (Admin Fitriani, 20/10/2018)

 

 

Leave a Comment

Alfour

“KUAT AQIDAH, LUHUR PERILAKU, KAYA KREATIFITAS DAN UNGGUL PRESTASI”

Subscription

 Kampus Al Azhar Kemandoran © Copyright 2018