SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran memiliki beragam program. Beberapa program diantaranya memiliki tujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, seperti PORSAINA dan Pentas Seni.

PORSAINA merupakan program rutin yang diadakan tiap setahun sekali. Pekan Olahraga, Sains, dan Seni Al Azhar atau biasa dikenal dengan sebutan PORSAINA merupakan ajang kompetisi ketangkasan dalam berbagai bidang untuk tingkat sekolah dasar. PORSAINA diselenggarakan dalam rangka meningkatkan minat dan bakat para partisipan yang ikut serta berkompetisi untuk memperebutkan juara. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan lingkungan SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran Kemandoran kepada murid-murid SD yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan ini.

Selain program tersebut, SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran juga memiliki program yang juga bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat khusus untuk para murid SMP Islam Al Azhar 4 Kemandroran, salah satunya pementasan seni. Pentas seni dilaksanakan pada 13 Januari 2019 di lapangan SMP Islam A-Azhar 4 Kemandoran, bertepatan dengan pengambilan raport semester 1. Tahun ini, pentas seni bertema DO RE MI (Aldor United for Humanity). Sebagaimana pementasan seni pada umumnya, tahun ini para wali murid wajib hadir dan menyaksikan beragam penampilan menarik. Mulai dari penampilan peserta ekstrakurikuler seperti ASBD, tari, musik, hadroh, dan pramuka. Tidak kalah juga penampilan dari setiap angkatan murid di SMP Islam Al-Azhar 4 seperti kelas 7 yang menampilkan perkusi dan tari tradisional,, kelas 8 yang menampilkan drama musikal, dan kelas 9 yang menampilkan flashmob.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pentas seni tahun 2019 ini lebih menarik karena mengusung tema kemanusiaan. Mengapa kemanusiaan? Selain untuk meningkatkan rasa kepedulian para siswa, hal ini juga berkaitan dengan begitu banyaknya peristiwa dan bencana yang telah melanda tanah air kita, Indonesia. Bahkan bukan hanya negara Indonesia saja yang mengalami duka, tapi d iluar sana banyak saudara sesama Muslim yang juga menderita, khususnya di Palestina. Melihat sederet kejadian yang menimpa saudara sesama Muslim, tidakkah hati ini tergerak untuk menjulurkan tangan? Maka dari itu, SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran bertujuan membantu saudara yang membutuhkan uluran tangan serta mengajak masyarakat untuk ikut serta berpartisipasi dalam ajang ini.

Pada acara ini, SMP Islam Al-Azhar 4 Kemandoran bekerja sama dengan Tim Qupro Indonesia. Tahun ini, panitia dan jamiyyah mengundang Hedi Yunus sebagai bintang tamu untuk mengisi acara, sekaligus mengajak hadirin untuk berkontribusi dalam konser amal kemanusiaan ini. Para tamu tidak dipungut biaya sepeser pun. Hanya diharapkan donasi seikhlasnya dari para hadirin melalui media kupon donasi. Alhamdulillah, berkat kerja sama para partisipan pada acara tersebut, telah terkumpul donasi sebesar Rp 603.041.100,00.

Demikian rangkaian Konser Kemanusiaan, diharapkan minat dan bakat para siswa dapat meningkat, serta munculnya jiwa kemanusian bagi para siswa. (Abdul Malik Hibrizi (8A), 15/01/2019)

Leave a Comment

Alfour

“KUAT AQIDAH, LUHUR PERILAKU, KAYA KREATIFITAS DAN UNGGUL PRESTASI”

Subscription

 Kampus Al Azhar Kemandoran © Copyright 2018