Senin-Selasa, 11-19 Februari 2019, SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran mengadakan kegiatan ECOP (English Camp of Pare). Adapun kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahunnya dan berlokasi di Kampung Inggris, Pare. Tahun ini adalah tahun ke-10 bagi SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran bekerja sama dengan lembaga Fee Center. Sasaran kegiatan ECOP yaitu murid kelas 8 dan diwajibkan untuk kelas bilingual. Akan tetapi, beberapa murid dari kelas non bilingual juga antusias mengikuti kegiatan ini. Tujuan dilaksanakan ECOP antara lain untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa inggris dan memiliki kepribadian yang lebih baik.

Senin, 11 Februari 2019, Peserta ECOP menempuh perjalanan menuju Kediri dengan kereta selama kurang lebih 12 jam. Setelah tiba di stasiun Kediri pada hari berikutnya, peserta disambut oleh tutor dan bersama-sama melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Fee Center. Sesampainya di Fee Center, tim menyambut secara hangat kedatangan peserta dan mengarahkan peserta untuk makan siang sebelum pembagian kamar. Rutinitas yang dilakukan di Fee Center yaitu belajar dengan metode fun learning, ice breaking sebelum belajar, games di sela-sela pembelajaran, shalat wajib berjama’ah, doa bersama, bertadarus setelahnya. Setelah subuh, peserta dan tutor membaca surat Ar-Rahman, setelah zuhur membaca surat Al-Fatiha sampai Al-Lail, setelah ashar membaca surat Al-Waqiah, setelah maghrib membaca surat Yasin, dan setelah isya membaca surat Al-Baqarah. Setelah itu, peserta, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh panitia pendamping, melakukan speech usai shalat subuh dan maghrib. Tidak hanya speech, ada pula peserta yang ditunjuk sebagai muadzin dan iqamat. Selain itu, peserta juga melaksanakan shalat sunnah tahajud dan dhuha, saling senyum dan sapa, meletakkan sandal dengan rapi, serta tentunya berbicara dengan bahasa Inggris. Waktu istirahat untuk peserta setiap pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB.

Setelah ashar di hari pertama, peserta berkumpul di aula untuk mengikuti acara opening yang diisi oleh sambutan dari Bapak Abdul Malik (kepala Fee Center), sambutan dari Bapak Fauzi Rahman (kepala sekolah), dan perkenalan tutor. Peserta diarahkan untuk data taking dan fun introduction dengan berkeliling Fee Center agar mengenal lingkungan sekitar serta kebiasaan positif yang dilakukan di sana. Malamnya, peserta mulai belajar pertama kali dengan materi Culture Telling dan Enviromental Introduction.

Pada hari kedua, peserta melakukan tour of Kampung Inggris dengan odong-odong untuk mengunjungi Candi Tegowangi sekaligus belajar di alam terbuka. Setelah itu, peserta berkunjung ke Pareholic untuk membeli oleh-oleh kaos. Pada hari ketiga, peserta belajar shalawat 16 tenses. Pada malam harinya, peserta melakukan FEE Center’s got talent dalam English Talent Show. English Talent Show merupakan akhir program yang nantinya para peserta yang ditunjuk menampilkan bakatnya setelah latihan selama 1 minggu, seperti MC, tasmi’ Qur’an, speech, drama, singing, dan lain sebagainya. Pada hari ke lima, peserta pergi ke Kopi Holic untuk MC Training and Showing. Pada hari ketujuh, peserta melaksanakan flag rising ceremony di pagi hari. Setelah upacara, peserta melakukan adventure yang dibentuk secara berkelompok sesuai anggota kamar untuk melatih kekompakkan.

Hari selanjutnya, peserta melakukan kunjungan ke Gontor 3. Di sana, peserta mengenal lingkungan pesantren, salah satunya melihat peternakan sapi sekaligus menikmati susu sapi. Sehari sebelum kembali ke Jakarta, peserta melepas penat dengan berkunjung ke Jatim Park 3 dan Istana Oleh-Oleh Kota Batu Brawijaya, Malang. Setibanya kembali di Fee Center, peserta melakukan gladi bersih untuk English Talent Show.

Usai subuh di hari terakhir di Fee Center, peserta diperlihatkan slideshow foto dan video yang merangkum seluruh kegiatan ECOP. Tibalah di puncak acara, yaitu penampilan peserta English Talent Show. Pada akhir acara, ada kejutan dari para tutor dengan bernyanyi dan bermain musik untuk para peserta. Setelah itu, tutor mengumukan peserta terbaik, kelompok terbaik, dan juga kamar terbersih. Setelah berpamitan dan foto bersama, peserta ditemani para tutor menuju stasiun Kediri. Namun, sebelum itu, peserta berkunjung ke Gumul Monument untuk foto bersama. Peserta melakukan perjalanan pulang menggunakan kereta dan tiba di tempat stasiun Gambir pukul 04.00 WIB

Itulah serangkaian kegiatan ECOP (English Camp of Pare) yang sangat menyenangkan. Selain itu, peserta mendapat banyak ilmu dan pengalaman, salah satunya ilmu percaya diri, serta mengajarkan pribadi untuk lebih disiplin. (Audifa Nuansa (8B), 21/02/2019)

Leave a Comment

Alfour

“KUAT AQIDAH, LUHUR PERILAKU, KAYA KREATIFITAS DAN UNGGUL PRESTASI”

Subscription

 Kampus Al Azhar Kemandoran © Copyright 2018