Setelah Ustad Haikal Hassan, aula H. Asmuni, Kampus Al Azhar 4 Kemandoran, kembali dihangatkan dengan kehadiran dua sosok inspiratif para remaja. Kamis, 5 Desember 2019, SMP Islam Al Azhar 4 Kemandoran mengadakan Seminar dan Motivasi Murid Kelas 9, Angkatan 27, bertema “Bersatu Meraih Sukses”. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini ada dua pemateri ternama sekaligus yang hadir menyapa murid-murid kelas 9. Bapak H. Aris Ahmad Jaya, D.V.M., M.M., seorang motivator terkenal, yang juga dijuluki Mr. Sugesti Power, memberikan energi positif di tengah hebohnya menyambut UNBK. Suasana semakin meriah dengan hadirnya sosok entrepreneur yang namanya tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pendiri Rumah Siap Kerja ini dikenal dengan pembawaannya yang gaul, penampilan yang casual, disertai pencapaian akademik dan karier yang mengaggumkan. Kisah perjalanan suksesnya menjadi inspirasi bagi kalangan muda, khususnya generasi milenial. Sosok yang sering dijuluki “Papa Online” ini tak lain adalah Bapak H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. Tidak hanya murid kelas 9, tetapi para guru, khususnya walas kelas 9, staf, jamiyyah, dan santri Pondok Pesantren Ar Ridho secara antusias turut mengikuti acara tersebut.

Sebelum waktu menunjukkan pukul 07.00, seluruh peserta, khususnya murid-murid kelas 9, diarahkan menuju aula. Pada kegiatan ini, beberapa murid kelas 9 yang sebelumnya telah ditunjuk pun terlibat sebagai pengisi acara seperti pewara (pembawa acara), pembaca ayat suci Alqur’an beserta terjemahannya, dirigen, tim hadroh, vocal group, dan pembaca doa. Mengingat dua pemateri yang hadir, maka kegiatan ini pun dibagi dua sesi dengan masing-masing dipandu dua pewara. Keseruan keempat pewara serta pengisi acara lainnya semakin menambah keceriaan para peserta.

Selang beberapa menit setelah berkumpulnya peserta, kegiatan pun dimulai. Suasana pagi terasa semakin sejuk dengan untaian motivasi oleh Bapak Aris Ahmad Jaya selama kurang lebih 120 menit. Beliau menanamkan kekuatan sugesti untuk membentuk kesiapan dan kepercayaan diri murid-murid kelas 9 dalam menghadapi UNBK. Penyampaiannya yang persuasif menjadikan peserta lebih aktif. Sesekali beliau sisipkan ice breaking games yang melibatkan beberapa murid sehingga mengusir kejenuhan selama materi berlangsung. Pada akhir materi, beliau mengajak murid-murid kelas 9 untuk bermuhasabah diri yang seketika menciptakan suasana haru.

Antusiasme peserta semakin tinggi dengan kehadiran Bapak Sandiaga Uno. Sapaannya yang hangat pun memecah keheningan dalam sekejap. Moderator mempersilakan beliau menaiki panggung yang tentunya disambut dengan tepuk tangan yang meriah. Tidak hanya pesan edukatif yang disajikan untuk murid-murid kelas 9, Bapak Sandi juga menyampaikan nasihat bijak kepada peserta yang hadir. Pebisnis sukses yang pernah menempuh pendidikan di Universitas George Washington, Amerika Serikat, ini juga menanamkan semangat pada peserta untuk menjadi pribadi yang produktif.

Saran beliau kepada peserta, salah satunya, rutin melakukan tiga aktivitas yang juga beliau lakukan setiap hari. Ketiga aktivitas yang tentunya membentuk karakter positif jika dilakukan secara konsisten, seperti olahraga setiap pagi, membaca buku, dan bersilaturahmi. Tidak hanya itu, pria yang pernah meraih IPK 4,00 ini juga berbagi empat tips kesuksesan, yaitu semangat kerja keras, semangat kerja cerdas, semangat kerja tuntas, dan semangat kerja ikhlas. Tak lupa beliau mengingatkan peserta agar tidak berperilaku “SMS”, yaitu “Susah Melihat Orang Senang” dan sebaliknya, “Senang Melihat Orang Susah.” Sesekali beliau mengundang tawa peserta hingga tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Tibalah pada sesi tanya jawab yang mendorong banyak peserta untuk terlibat. Pada akhir acara, Bapak Sandi menerima pemberian lukisan Topeng Malam dan Batik Mega Mendung karya salah satu murid kelas 9A, Muhammad Aghna Mannan, yang siap dipajang di Rumah Siap Kerja sebagaimana penuturan beliau.

Sekilas tentang keseruan acara Seminar dan Motivasi Murid Kelas 9 bersama dua pemateri hebat, Bapak Aris Ahmad Jaya dan Bapak Sandiaga Uno. Semoga penyajian yang informatif dengan pengalaman yang inspiratif dapat membentuk pribadi yang progresif. Suasana semakin berkesan saat Bapak Sandi mengajak peserta untuk berfoto bersama. Keceriaan peserta pun masih terlihat jelas dengan tampilan hiburan selanjutnya. Semoga senyum dan tawa itu tak lepas dari wajah hingga tiba waktu ujian dan setelahnya. (Fitriani, 09/02/20)